Banyuwangi Akan Gelar Kejuaraan Dunia BMX

Setelah sukses menggelar Banyuwangi International BMX 2016, 2-3 April kemarin di Sirkuit Muncar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi mengincar event yang lebih besar. Mereka menargetkan untuk menggelar kejuaraan dunia pada tahun 2017 mendatang. "Tahun depan kami akan menggelar kejuaraan dunia BMX," tegas Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi.

Untuk merealisasikan target itu, Banyuwangi akan melakukan sejumlah penyempurnaan di Sirkuit Muncar. Mereka akan membangun fasilitas pendukung di tempat ini. Seperti tribun penonton, toilet, paddock hingga lahan parkir yang memadahi. Akses jalan ke sirkuit juga butuh sentuhan penyempurnaan. Sebab jalan ke Sirkuit Muncar terlalu sempit. Sebab sirkuit ini berada di tengah perkampungan warga. Bupati Anas pun menyadari kekurangan ini. "Untuk fasilitas pendukung memang harus kami benahi," kata pria murah senyum tersebut.

Anas menambahkan bahwa Banyuwangi membidik pasar pencinta aktivitas bersepeda BMX dari berbagai belahan dunia. Sebab lintasan di Sirkuit Muncar adalah yang terbaik sekaligus tersulit di Indonesia. ”Dengan ajang tersebut, kami menarik perhatian pasar penggemar BMX yang sangat besar di Indonesia. Event ini jadi pengenalan juga kepada penggemar BMX bahwa kami punya sirkuit terbaik di Indonesia dengan standar UCI,jelas kata Anas.

"Saya baca salah satu riset Active Marketing Group di Amerika Serikat. Di sana, ada hampir 500.000 penggemar BMX yang menggunakan BMX-nya lebih dari 100 hari dalam setahun, lebih dari 10 persennya punya pendapatan setara hampir Rp1 miliar per tahun. Ke depan mereka bisa beratraksi di Sirkuit Muncar Banyuwangi sekaligus berwisata," tutup Anas. (Sumber: bola.net)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar